[LIBURAN] Cuma 3 Hari, Liburan ke Thailand Bikin Nagih! // Singkat Tapi Ngangenin

Karena lagi kangennya mau balik ke Thailand, gue jadi berniat untuk menulis perjalanan singkat ke Thailand bulan Mei 2018 kemarin. Jadi, Thailand itu negara pertama buat gue untuk terbang ke luar negeri! Dan Thailand juga salah satu dari beberapa negara yang gue idam-idamkan dari dulu untuk gue kunjungi, dan Puji Tuhan akhirnya pergi juga! Senang? Banget! 😁

So, di liburan kemarin, gue berangkat dengan 2 orang teman gue yang lain, jadi kita totalnya bertiga. Kita beli langsung tiket dan hotel yng lumayan murah di airasiago.com. Dengan cara beli langsung dari airasiago, menurut gue jadi lebih mempersingkat waktu untuk beli tiket dan penginapan sih.
Penerbangan yang kita ambil itu di hari Minggu (27 Mei) siang, yang sempat ngaret beberapa jam. Karena ngaret inilah gue jadi batal untuk pergi ke Chatuchak Market, nyampe Bangkoknya aja udah sekitar jm 7an malam gitu soalnya #sedihakutuh 😒 Nah, untuk urusan penginapan, karena kita bertiga juga baru pertama kalinya ke Thailand, akhirnya kita mutusin ambil penginapan di daerah KhaoSan Road, namanya Khaosan Holiday. Kenapa kita bisa mutusin buat nginep disana padahal baru pertama kali? Yang jelas karena penginapannya itu ada di daerah Khaosan Road, kawasannya para backpacker, jadi untuk urusan harga gak begitu mahal. Nah, kita juga lihat review nih dari para tamu yang sudah pernah menginap disana, not bad, jadi setelah pemilihan panjang x lebar akhirnya kita mutusin untuk tinggal disana. Dan ternyata kita gak salah pilih banget sih buat nginep disana, walaupun masuk gang, karena di sepanjang jalan Khaosan penuh makanan! Ini yang gue suka! Jadi kita bisa nyobain berbagai macam street food di malam pertama! Ihiiiy! 😁😁

Sawassdeeka Bangkok!

Oke, sooo gue akan bercerita dimulai dari hari pertama gue tiba di Bangkok. Karena kita nyampe lumayan malem dan gak ada satupun yang pesan makan di pesawat, hal yang pertama kita lakuin waktu tiba di sana setelah urusan sama imigrasi selesai, gak lain gak bukan adalah : MAKAN! 😍 Yessss, kita bertiga udah laper parah dan MCD jadi pilihan pertama kita buat di bangkok. MCD di sini menu nya ternyata ada yang Non-Halal karena ada burger pork nya,jadi bagi kalian yang muslim harus hati-hati yah, dan asiknya minuman disini bisa isi ulang sendiri! Puas banget!

Menu Burger Pork di Thailand-tapi gue lupa namanya apa-

Selesai makan, kita langsung jalan ke penginapan naik taksi dari bandara, lumayan mahal ongkosnya karena emang jarak dari bandara ke daerah Khaosan Road cukup jauh dan taksi dari bandara ini satu-satunya cara penyelamat kita yang udah capek banget mau taruh koper! Haha. Oya, taksi bandara ini gue rekomendasiin buat kalian pakai disaat kepepet, terjamin kok. Kurang lebih setelah 40 menit di jalan, akhirnya kita sampai di Khaosan Road, surganya para backpacker! Wohoooo! Walaupun masih gak tahu ke arah mana buat nyari hotelnya, tetap aja kita senang banget pas udah liat kawasan yang satu ini. Dan pas lihat secara langsung, gue jadi tahu kenapa ini disebut surganya para backpacker, semua kebutuhan ada! Suka banget sih pas pertama ke Bangkok udah ambil hotel disini.

Welcome to Khaosan Road! // cr. lonely planet

Begitu sampai di Khaosan Road, kita langsung meraba keadaan hotel kita lewat Google Maps. Masuk gang satu ke gang lain beberapa kali dan akhirnya ketemu! Walaupun memang masuk gang, tapi keadaan hotelnya cukup oke buat kita. Kita disambut sama satu orangresepsionis cewek, disini kita harus deposit untuk menginap sebesar 500 Baht per orang. Nah, karena kita bertiga dan 1 kamar itu maksimal 2 orang, 1 orang teman gue tidur di kamar lain sendirian, awalnya kita minta kamarnya sampingan suapaya enak, tapi ternyata gak ada dan jadinya malah teman gue yang sendiri dapat kamar satu lantai diatas kamar gue, kasian sebenarnya tapi mau gimana lagi πŸ˜‚

Penampakan depan Khaosan Holiday // cr.booking.com

Selesai beres-beres singkat dan mandi, karena udah malam, kita bertiga memutuskan untuk berkeliling malam menyusuri jalan Khaosan Road yang super duper rame! Plus makan lagi, karena kita belum kenyang gegara cuma makan burger tad. Gue pribadi gak nyangka banget kalau Khaosan akan betu-betul seheboh itu, semakin malam semakin heboh! Memang sih, dari banyaknya artikel yang gue baca tentang Khaosan, kawasan ini dipenuhin sama penjual makanan, minuman, pakaian, aksesoris dan manusia! Haha. Dan gue setuju banget! Oya, disini juga banyak banget 7-11 nya loh. Di kawasan Khaosan ini kalau gue gak salah ada sekitar 4 atau 5 toko 7-11 dengan berbagai ukuran, ada yang kecil dan besar. Dan isinya juga macem-macem banget. Sukak! πŸ˜‚

Rame gilaaa! // cr.bangkok.com

Selesai di hari pertama, di hari kedua kita keluar dari pagi. Sekitar jam 7an kita udah jalan menuju Wat Pho, tempat pertama di hari kedua! Oya, untuk sarapan, kita cukup beli roti sandwich di sevel yang banyak pilihan rasa dan yang pasti enyaak! 😍😍

Sarapan praktis dan bergizi selama di Bangkok

Akhirnya kita sampai juga di Wat Pho setelah kurang lebih 20 menitan (kalo gak salah inget, yang pasti jaraknya gak begitu jauh) jalan kaki dari penginapan ke Wat Pho. Masuk ke Wat Pho cukup dengan biaya 100 Baht saja. Waktu kita lewatin para petugas tiket sempet ditanya-tanya darimana aslanya, dan mereka asal nebak banget, yang penting asia πŸ˜† Dan asli keren banget begitu lihat secara langsung patung Budha tidur terbesar di dunia ini! Benar-benar besar banget!

Dari kaki ke kepalanya tidur Budha ini panjang abiss!

Setelah puas keliling dan foto-foto, kita langsung lanjut lagi pergi ke Grand Palace, salah satu tempat yang membuat gue langsung bilang " Rame!" pas sampai disana. Sebelum ke Bangkok, gue sama teman-teman udah beberapa kali baca-baca  jalan buat di dua tempat ini, banyak yang bilang bisa banget jalan kaki. Dan emang benar banget kalo kita bisa jalan dari Wat Pho ke Grand Palace ini, walaupun panas ria dan kaki gue pegal boooo. Haha. Sampai sana kita disambut dengan beberapa hal, dimulai dari pasang body buat masuk barengan ratusan rombongan turis lainnya, hawa panas yang lagi menyengat sekali di Bangkok (fyi, gue disana sekitar jam 11-an siang), dan tatapan tajam penjaga Grand Palace yang lagi meriksa setiap orang yang datang kesana pakai baju sesuai aturan atau tidak (Jadi, kalau mau ke Grand Palace kalian gak boleh namanya pakai lengan buntung / tank top, celana pendek, dan sandal. Pokoknya harus tertutup! Karena ini tempat suci gengs)

Jadi pas gue dateng, lagi banyak bikhu yang dateng juga

Masuk ke dalem sih emang bagus banget bangunanya. Dan yang jelas kerasa banget sakralnya! Tapi sayangnya, ada beberapa lokasi yang gak dibuka pas hari gue datang. Kebetulan gue datang pas lusanya itu ada hari besar agama Budha, Waisak. Jadi di beberapa titik lokasi itu lagi dibersihin atau diperbaiki gitu buat menyambut Waisak.

Setelah selesai mem-pegelkan kaki, kita meluncur ke Big C. Buat yang kenal apa itu Big C, jadi Big C itu bisa dibilang pusatnya para pemburu oleh-oleh, terutama makanan, di Thailand. Dan emang sih banyak banget makanan yang bisa dijadiin oleh-oleh. Pokoknya buat kalian yang suka ngemil, kalap deh!

Supermarket besar dan lengkap banget! // cr.youtube orang

Udah selesai borong barang-barang yang gak disangka banyak juga di Big C, kita langsung cus pesan Grab buat ke  next destination. Dan lagi apes nya kita, atau lebih tepatnya sang driver, setelah nungu lumayan lama dan lagi jalan ke depan buat naik grab nya, eh si doi malah kena tilang polisi cuy! Yah, sebenernya kita gak enak juga si Grab kena tilang. Tapi yang janjian di lokasi itu juga doi, yah karena kita orang asing jadi ngikut aja, dan gak tahu gak boleh parkir dan angkut penumpang.

Karena udah kena tilang gini, kita jadi agak males buat pesan Grab lagi. Setelah celingak-celinguk, liat kiri-kanan, kita lihat banyak Tuk-tuk berkeliaran. Bermodalkan harga dari app Grab yang tadi kita dapat, kita coba deh tawar-menawar sama si babang Tuk-tuk. Dan emang benar juga kata orang-orang, mahal euy si Tuk-tuk! Haha. Tapi akhirnya karena kita gak mau sampai kemaleman juga sampai tujuan, kita okein deh harga yang uda di sepakatin. Dan babang Tuk-tuknya kayak Rossi, kencang sangat!

Yessss! Akhirnya sampailah kita di tempat terakhir hari kedua di Bangkok, Asiatique! Tempatnya asik banget menurut gue. Disana juga banyak banget yang jualan, dari makanan sampai oleh-oleh kayak baju, dompet, tas, dan lainnya. Pokoknya kalo bisa dibilang paket lengkap deh! Desain tempatnya juga nyaman buat orang-orang jalan keliling di malam hari.

Bianglala yang jadi simbol Asiatique

Barang-barangnya juga dibilang gak mahal banget kalo menurut gue. Masih bisa dijangkau banget. Gue dapet dompet kecil dengan gambar gajah isi 10 cuma 100 Baht loh. Terus tas-tas kecil isi 10 juga 100 Baht. Kalo gue gak salah inget, ditempat gue beli oleh-oleh ini emang rata-rata ngasih harganya 100 Baht. Murah kan? Emang murah loh. Tapi gue sama teman-teman gak gitu bisa beli banyak barang karena mnegingat kita belum makan dan masih ada hari esok.

Setelah puas berkeliling, dan satu teman gue juga ada yang keliatan capek banget karena dari pagi banget kita keluar sampai malem belum balik hotel juga, kita sempetin ke salah satu restoran di Asiatique buat ganjel perut yang ternyata oh ternyata minta diisi.

Kita akhirnya pilih satu restoran yang menjual makanan khas Thailand, karena kita lagi ngidam makanan berkuah nan pedas asal biar bikin kita segar kembali, Tom Yum! Dan emang gak salah sih pilih restoran satu ini. Tom Yum disini enyak sekali! Kuahnya berasa banget pedas manisnya, gak berlebihan. Emang dasar makanan khas asli mah emang top! Selain Tom Yum, kita pesan nasi goreng yang juga enak. Dan lagi-lagi untuk pengiritan, kita makan itu semua dibagi bertiga. Haha. Yah, namanya juga, lagi-lagi, dana terbatas.

Tom Yum super
Nasi Goreng yang enyak juga!

Selesai penghabisan makanan dan merasa cukup kenyang, akhirnya kita keluar dan mutusin untuk pulang. Nah kali ini, kita langsung naik taksi untuk pulang. Gak berani naik Tuk-tuk, udah malam soalnya. Haha. Saat itu rasanya udah mau dicopot aja nih kaki gara-gara pegal luar biasa tapi juga senang sekaliiii. Oya, sebelum benar-benar malam terakhir di Bangkok berakhir, gue sama satu teman  (yang satunya udah gak sanggup jalan doi, jadi cuma tinggal di kamar aja) pergi ke luar, ke jalanan utama Khaosan Road (lagi) setelah kita selesai mandi dan beres-bere. Karena pas malam pertama kemarin rasanya ada makanan yang belum kita cobain, akhirnya kita nyobain lagi deh makanan-makanan yang masih bikin kita penasaran. Hadeuh, emang dasarnya tukang makan kita berdua, jadi gak lengkap ninggalin Bangkok kalo gak cobain makanan di jalan depan penginapan.

Sumpah, ini enak semua! Akika sukak!

Di hari terakhir di Bangkok, kita rencananya sih mau jalan-jalan bentar diluar. Tapi ternyata hujan lumayan deras waktu itu. Jadinya kita gak bisa kemana-mana deh. Baru keluar penginapan itu udah agak siang, kalo gak salah sekitar jam 9-an. Sedangkan pesawat kita jam 5 sore. Jadi kalo kita mau pergi jauh-jauh juga kayaknya sayang banget waktunya. Dan akhirnya kita mutusin untuk pergi ke satu mall terakhir sebelum pulang, sambil bawa koper tentunya, kita pergi ke Platinum Fashion Mall. Nekat abis ini, soalnya kita tahu kalau disana pasti rame banget. Tapi karena gak mau menyesal kemudian akhirnya tetap kesana sambil bawa koper dan ternyata bukan hal aneh kalo disana bawa-bawa koper. Oya, dan satu hal yang pasti sih, banyak orang Indonesia ternyata. Emang pusatnya para penjual online shop beli disni kayaknya.
Setelah puas keliling, jam 1-an kita langsung cari Grab dan berangkat menuju bandara Don Mueang. Dan itu artinya liburan gue benar-benar berakhir, selesai, kelar, the end! Selamat datang kembali dunia nyata πŸ˜‚

Oya, sebelum masuk ke pesawat, kita bertiga masih aja loh keliling buat mencari makanan. Dan kali ini, berdasarkan rekomendasi dari satu teman gue yang katanya merek ini-Cha Tra Mue- emang terkenal, kita beli es krim Thai Tea dan Thai Tea bubuk buat dibawa pulang. Terus karena 2 hari kemarin belum ada acara beli Thai Tea asli di Bangkok, kita nemu juga yang jual Thai Tea di Food Court Bandara. Dan emang enak beneran kalo minum di negaranya langsung yah. πŸ˜‚

Duo Thai Tea!

Wuahhhh, liburan singkat gue di Thailand benar-benar udahan! Sedih? Banget! Masih banyak tempat yang belum bisa kita kunjungin, iyalah secara cuma 3 hari dan itupun yang benar-benar seharian penuh cuma 1 hari. Emang benar yah, kalo ke Thailand kayaknya gak cukup cuma 1-2 hari. Seminggu kalo bisa! πŸ˜‚

Dan setelah gue baca lagi tulisan ini, komen gue tentang makanan Thailand selalu bilang enak gak sih? Tapi emang makanan di Bangkok enak-enak abis sih. Dan yang pastinya murah! Kalo kalian beli makanan jalanan (food street) di Bangkok, harganya dimulai berkisar dari 10 Baht, dan itu porsinya juga lumayan banyak. Jadi jangan takut kalo kelaperan di Bangkok yah gengs! πŸ˜‚πŸ˜‚

Khapunka Bangkok!
 *patung dan pose yang selalu gue impikan kalo ke Bangkok*

Nah, itu dia cerita singkat gue di Bangkok.
Liburan singkat, tapi bikin kangen dan nagihin banget! Semoga bisa dateng ke sana lagi dengan waktu yang lebih lama yah. Amiiiiin! πŸ˜†πŸ˜†

Sampai jumpa di cerita selanjutnya! Khapunka naaa!