5 Menu Sup Korea yang Segar dan Nikmat, Cocok Disantap Saat Musim Dingin

Korea Selatan memiliki 4 musim, yaitu musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin. Dan kalau kita berkunjung ke Korea di musim dingin, pasti kita akan menemukan makanan berkuah atau sup ala Korea yang menggiurkan. Dijamin, siapapun yang makan sup panas di musim dingin tanpa sadar akan terus minta tambah karena terlalu segar!

Sup merupakan jenis makanan yang banyak hadir pada setiap kuliner dunia, tak terkecuali di Korea. Selain menjadi hidangan pendamping, sup juga bisa menjadi pembuka momen bersantap sekaligus menu utama, apalagi jika berisi sayuran, daging, dan berbagai seafood seperti sup dari Korea.

sup korea



Sup khas Korea biasa disebut Guk atau Tang yang diracik dari berbagai bahan dan dimasukan ke dalam sebuah wadah berbahan keramik. Sedangkan Jjigae dan Jeongol mirip denngan sup, tapi Jjigae lebih sedikit mengandung air, sedangkan Jeongon berisi sayuran dan daging yang dimasak menggunakan kaserol.

Dilansir dari Korean Cuisine: Refresh Your Senses, berikut beberapa menu sup segar khas Korea

Kimchi Jjigae (kimchi dalam hotpot)

Bahan utama kimchi jjigae terdiri dari kimchi matang, daging babi, daging sapi, makarel, tuna, dan berbagai variasi daging lainnya yang bisa ditambahkan sesuai selera. Semuanya kemudian direbus sampai matang. Kimchi Jjigae juga berisi berbagai macam sayuran dan tahu untuk melengkapi sup yang memiliki cita rasa pedas ini.

kimchi jjigae
cr: koreanbapsang


Doenjang Jjigae (sup saus kedelai)

Bahan utama Doenjang jjigae adalah Doenjang, salah satu saus khas Korea yang berasal dari kedelai. Dan bahan-bahan tambahan lain untuk memasak Doenjang Jjigae bisa berbeda, tergantung musim saat membuatnya. Biasanya untuk musim panas ditambahkan jamur, musim dingin ditambah daun lobak dengan potongan cabaiketimun dan tahu yang direbus di dalam ttukbaegi (mangkuk keramik). Untuk rasa, sup ini memiliki rasa asin dan pedas yang menjadi favorit masyarakat Korea.

doenjang jjigae
cr: koreanbapsang

Miyeokguk (sup rumput laut)


miyeokguk
cr: wikipedia

Buat para penggemar K-Drama, pasti sudah nggak asing lagi dengan sup yang satu ini, sup rumput laut atau dalam bahas Koreanya disebut miyeokguk. Selain dikenal sup rumput laut, miyeokguk juga dikenal dengan nama sup ulang tahun, di mana sup ini dipercaya akan membawa keberuntungan dan umur panjang bagi yang menyantapnya. Miyeokguk juga dikonsumsi oleh para ibu pasca melahirkan, karena sup ini mampu mengembalikan stamina dan juga nutrisi sang ibu setelah melewati masa kehamilan dan persalinan.

Rumput laut sendiri juga diyakini dapat mendetoksifikasi tubuh. Dan biasanya, miyeokguk dimasak dengan daging sapi, kerang, dan berbagai bahan makanan segar lainnya.

Sundubu Jjigae (sup tofu pedas)


sundubu jjigae


Sundubu Jjigae memiliki bahan utama yang khas banget, namanya dubu. Dubu merupakan jenis tahu Korea yang lembut banget, mengalahkan tofu atau tahu dari berbagai negara di Asia. Sundubu jjigae biasanya dimasak dengan kerang, daging babi, dan berbagai sayuran. Bahan-bahan ini kemudian dibumbui saus cabai khas Korea atau yang dikenal dengan sebutan Gochujang. Sundubu jjigae sendiri juga sangat disukai para orang tua di Korea karena teksturnya yang lembut.

Beoseot Jeongol (jamur hotpot)



Beragam jenis jamur, sayuran, dan daging sapi maupun ayam berbumbu direbus bersama kuah sup bening yang menghasilkan Beosot Jeongol. Di Korea, Boseot Jeongol biasanya dimasak dalam porsi kecil menggunakan anglo dan kompor kecul di atas meja makan yang langsung disantap selagi panas.


Nah, itu dia makanan berkuah yang menggiurkan nan segar dari Korea Selatan. Ada yang sudah pernah coba salah satunya ? 

Komentar